-->

Kenapa Angka 11 Harus Dinamakan Sebelas?


Ketika saya sedang mencari pemecahan masalah tentang javascript, di grup Pojok Programer saya menemukan sebuah postingan yang sedikit lucu XD

MATEMATIKA : "KENAPA ANGKA 11 HARUS DINAMAKAN SEBELAS ?"

Pastinya kita semua tahu kalo angka 11 dinamakan sebelas.
Tapi kenapa namanya harus sebelas? Kenapa tidak sepuluh satu ?Bukankah sebelas bilangan sesudah sepuluh?

Mungkin temen – temen ada yang bisa diajak sharing mengenai standard penamaan angka. Mungkin terkesan mengada – ada. Tapi ada alasan tertentu yang membuat saya meneliti tentang hal ini.

Di dalam Matematika kita mengenal angka SATUAN, PULUHAN, RATUSAN, RIBUAN dan seterusnya, lalu bagaimana angka belasan ? bukankah dalam matematika kita tidak mengenal angka belasan ?

Pertanyaan saya muncul ketika saya mencoba bentuk penjumlahan 11 + 11 = 22, betul menurut hukum penjumlahan, tetapi SEBELAS + SEBELAS = DUA PULUH DUA, menurut bahasa, saya rasa janggal dan kurang tepat. Kenapa?

Kalimat SE, jika di belakang menyatakan SATUAN maka berarti jumlahnya yaitu SATU

Contoh :
SEKARUNG = 1 KARUNG
SEKILO = 1 KILO
SEMETER = 1 METER
Berarti kata SEBELAS = 1 BELAS

Lalu kenapa menurut bahasa SEBELAS + SEBELAS = DUA PULUH DUA itu kurang tepat? Dalam ilmu Matematika, jika nilai satuannya sama berarti kita hanya tinggal menjumlahkan angkanya saja dan satuannya tetap.

Contoh :
1 KARUNG + 1 KARUNG = 2 KARUNG
1 KILO+ 1 KILO = 2 KILO
1 METER + 1 METER = 2 METER
SEPULUH + SEPULUH = DUA PULUH
SEJUTA + SEJUTA = DUA JUTA
DUA PULUH + DUA PULUH = EMPAT PULUH
TIGA MILYAR + TIGA MILYAR = ENAM MILYAR

Berarti :
1 BELAS + 1 BELAS = 2 BELAS
2 BELAS + 2 BELAS = 4 BELAS
SEBELAS + SEBELAS = DUA BELAS?
DUA BELAS + DUA BELAS = EMPAT BELAS?

Inilah yang jadi bahan pertanyaan saya, kenapa angka 11,12,13…. sampai angka 19 menggunakan satuan belas dibelakang angka?

Memberikan satuan BELAS pada angka 11 – 19 menurut bahasa saya rasa kurang tepat, kita lihat pada penamaan angka pada bilangan yang lain :
20 = Dua Puluh
21 = Dua Puluh Satu
22 = Dua Puluh Dua
Dan Seterusnya.
30 = Tiga Puluh
31 = Tiga Puluh Satu
32 = Tiga Puluh Dua
Dan Seterusnya.

Tetapi kenapa bilangan sesudah sepuluh harus lain dari yang lain ??
10 = Sepuluh
11 = Sebelas, kenapa tidak Sepuluh Satu?
12 = Dua Belas , kenapa tidak Sepuluh Dua?

Angka tidak pernah salah, tetapi menurut saya menamakan satuan BELAS pada angka 11 – 19 kurang tepat

Bagaimana tanggapan anda?
Apa perlu kita memanggil Orochimaru untuk Edo Tensei Albert Einstein?

No comments

Powered by Blogger.